Kata-Kata Bijak

Kita tidak tahu apakah Allah akan memberi rezeki yang banyak atau sedikit kepada kita

Kita juga tidak tahu kapan kita akan sukses

Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk mendapatkannya

Kamis, 06 November 2008

Membaca Lagi....dan musim mangga

Dari sejak kecil sebenarnya aku termasuk orang yang rajin membaca.. apa saja dibaca ,seingatku semenjak dari mulai bisa membaca SD (dulu anak sd baru belajar baca, kalau sekarang masuk sd harus bisa baca.. heran.com) sudah berapa banyak buku , majalah yang kubaca, mulai dari majalah, komik bergambar, novel etc...
waktu Sd, dari SD kelas 1 sampe kelas 6.. langgananku majalah BOBO, sekali-kali beli kuncung... sampe sekarang tuch masih inget sama, bona gajah kecil berbelalai panjang dan temennya rong2, pak janggut, paman kikuk husin dan asta, oki dan nirmala , pak tobi, ratu bidadari, bobo dan keluarga, coreng, upik, kalau sekarang adik bobo dah nambah satu cimut ( wak nggak KB nech.. ).. paman gembul, tut,tut, bibi titi teliti, bibi tutup pintu... lobi2... ( kalau dulu ilustrasinya lebih bagus daripada yang sekarang.. kayaknya ilustratornya orang luar .. jadinya rumah2nya ada perapian kayu.. terus piknik yang bawa keranjang.. asyik ..)..juga ada tak disangka... deni manusia ikan.. selain itu bacaanku itu mandala putra petir, gundala, pangeran melar, spiderman, batman ,superman, juga ada, siluman ular. seri kho ping kho... sampe berseri-seri lho.. (nah ini karena ikutan baca buku kakakku , yang cowok, bacaannya jadi begitu)..juga baca wiro sableng he3x...donal bebek, tintin, (asterix &obelik ini sd apa smp yach dah lupa) wah nostalgia masih kecil nich...

Beranjak SMP pindah ke hai dan Anita (kumpulan cerpen), juga dah mulai baca2.. karangan Enid blyton ( si Badung, Malory Towers, 5 sekawan)... masuk SMA aku langganan GADIS sama majalah Mode...novelpun berubah, agatha christy, Marga T, , kuliah mulai beli femina, bacaan juga bergeser sidney sheldon , setelah bekerja, majalah yang dugandrungi, femina, kosmopolitan, tempo, untuk novel sudah sangat jarang, mungkin karena sudah sibuk , dan itu belum termasuk menu wajib koran setiap hari, dan tabloid ibu2 NOVa he3x... Jadi kalau mau dikumpulin buku2 sama majalah2 itu sudah seabrek-abek..tapi semua buku2 yang sudah kubaca kebanyakan kukasihkan ke orang2... yang terakhir tumpukan majalahku kuberikan ke perpustakaan desa.. semoga berguna...

Nah untuk Novel memang sudah sangat jarang kubaca, karena nggak ada waktu lagi... sibuk dengan kerjaan dan rumah tangga.. karena kalau baca novel butuh waktu yang nggak sebentar.. jadinya hobby ini tak dilanjutkan lagi...
Sampe setelah aku baca novel laskar pelangi , kepunyaan adikku ( waktu libur lebaran kemaren di palembang).. aku jadi penasaran buat nonton filmnya dan setelah nonton filmnya jadi tertarik buat beli tetraloginya yang lain sang pemimpi dan edensor... walah..

tanpa banyak cingcong .. kusearch toko buku online dan dapat alamat ini bukabuku, setelah cari2 ternyata buku yang ingin kubeli ada.. langsung beli online dech... (kalau mau ke gramedia dan bawa anak2.. kebayang properti lain yang dimasukkan ke keranjang belanjaan sama si Abel).. total 3 buku hanya 152 rb... murah, dan nggak report...

Buku yang kupesan dalam waktu 2 hari dah sampai ketanganku... sempet rebutan sama si abel buat baca buku laskar pelangi... he3x... dan 2 buku lainnya kubawa ke kantor biar bisa baca tenang tanpa diganggu anak2....



Buku sang pemimpi kelanjutan cerita laskar pelangi, tapi tanpa laskar pelangi. maksudnya hanya menceritakan si ikal (andrea) dan pengalamannya bersama sepupu jauhnya arai dan temennya jimbron, si penggila kuda ... lucu, sedih, bercampur baur di novel ini... lucunya : dimana si ikal dan arai mati2an cari cara buat nonton bioskop yang dilarang untuk anak2 sekolah,, akhirnya berhasil tapi ketahuan oleh gurunya dan mereka dihukum... juga bagaimana si arai berjuang demi sang pujaan hati azizah nurmala...he3x.. konyol banget.. belum lagi satire2 dari sang pengarang yang menurutku sangat melayu...dan teriakan eureka.. darah muda darah yang berapi-api ( rhoma irama.. red) episode sedihnya adalah ketika si ikal hanya menempatkan ayahnya di bangku nomor 75 (rangking 75) merosot dari bangku nomor 3 yang biasa didudukinya.. tapi sang ayah tetap menunjjukan sikap bangga kepada anakknya.. mengharukan.. tanpa harus mendayu-dayu...

Buku endensor.. adalah pengalaman si ikal dan arai sewaktu mereka kuliah di sorbone paris, perancis, sebagai mahasiswa S2... bagaimana kegilaan mereka dan juga keseriusan mereka dalam menuntut ilmu bersaing dengan semua putra2 terbaik bangsa dari seluruh dunia... romantis... dan berkelas..

setelah hampir 5 tahun tak kusentuh novel2, baru novel inilah yang menggerakkanku untuk membaca lagi...

Kesibukan lainku selain membaca novel.. membuat es buah dengan bahan baku mangga harum manis.. mumpung lagi banjir mangga,, cuma 5rb/kg sudah dapet mangga harum manis yang makyus...





lihat di kulkas ada mangga.. bosan dimakan begitu aja.. potong2 , tambah pepaya, tambah apel,, beri perasan lemon.. tambah susu , sympel sirup.. taraaaa.. jadi es buah mangga harum manis.. walaha apa lah namanya...habis di kulkas..bikin lagi. habis bikin lagi.. sampe bosen pokoknya... he3x..sampe2 kubawa ke kantor buat diminum sama temen2 kantor.... silahkan2...







2 komentar:

nies... mengatakan...

ayuk femmie....apo kabarnyo nih? semoga ayuk n keluarga sehat2 yach....nies lagi di palembang lagi nih yuk..insyaAllah idul adha di palembang.. :) btw..maryamah karpov nyo udah keluar loh yuk..sekalian dibaca biar dak penasaran endingnyo... :) *padahal akyu sendiri lom beli* :(

Fiet mengatakan...

waaaahhh ngebahas majalah2 dr kecil sampe dewasa bener kayak de javu , soalnya ak juga dulu sama2 suka bobo anita mode gadis femina sampe nova.... Dan sy adalah pelahap novel2 dr author indonesia kyl ninit yunita fira basuki adhitya mulya dll.... Hobi kita ternyata sama yahhhh termasuk makan n pelahap pempek sejati hahaahaha