Kata-Kata Bijak

Kita tidak tahu apakah Allah akan memberi rezeki yang banyak atau sedikit kepada kita

Kita juga tidak tahu kapan kita akan sukses

Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk mendapatkannya

Jumat, 23 Januari 2009

Maryamah Karpov.. dan copas


Sejujurnya.. aku memang bukan pengarang buku bahkan untuk mengarang kata2pun diriku tak sanggup.. tapi bukan berarti aku nggak boleh mengomentari hasil karya tulis pengarang khan...seperti postingan sebelumnya sudah kuceritakan bagaimana sukanya aku membaca.. mulai dari komik, majalah, tabloid, novel, cerpen, bahkan buku2 pewayangan(mahabarata, ramayana, .. dari si kuncung sampe... scarlet O'hara...dari si tintin sampe wiro sableng.. . semua masuk dalam daftar bacaanku..bahkan sampai sekarangpun aku masih suka rebutan bobo sama anakku... (he3x)...dan novel yang baru saja kubaca.. :sekali lagi baru 2 hari yang lalau selesai kubaca.. adalah tetralogi terkahir dari Andrea Hirata.. Maryamah karpov.... .. lho kok dah lama terbit .. baru baca... kenapa?? memang sengaja.. cari waktu yg pas untuk membaca.. sampai habis.. nggak boleh dijeda-jeda... baru minggu kemaren aku dapat timing yang tepat...

Seperti anak kecil yang baru dapat mainan baru.. begitu exitingnya aku waktu memulai membaca novel ini.. seperti 3 novel sebelumnya yang kubaca ( laskar pelangi, sang pemimpi, edensor)..aku berharap, menemukan sesuatu di balik karya ini sama seperti 3 novel sebelumnya.. yg mengaduk aduk rasa haruku.. emosi, kegelian.. keluguan.. kenakalan,semangat...dan sedikit menyumpahi pemerintah kekkek3x...

Tapi aku kecewa...... setelah 1/2 novel ini kubaca.. aku kecewa.... apa yang aku harapkan akhir dari karya 2 sebelumnya yang sangat bagus itu.. seperti tidak menemukan titik klimaksnya.. datar.. dingin .. dan seperti balik arah ke Cerita sebelumnya.. tak kutemukan jawaban dari mimpi2 lintang, arai maupun ikal... cerita yang digali hanya keadaan masyarat sekitar.. tak ada haru biru.. tantangan maupun mimpi disini..
Untuk untaian kata2.. TOP.. tak diragukan lagi.. tapi esensi cerita.. duh bahasa apa itu.. isi ceritanya.. tak dapat kutangkap sedikitpun... said so.. aku cuma bisa bilang aku kecewa.... cerita tentang ikal yang minta digantikan oleh harun (harun dipakaikan baju ikal waktu sholat taraweh) karena ingin bertemu a-ling.. supaya tidak ketahuan ibunya.. sungguh menurutku so naif.. seorang sarjana Master degree lulusan perancis.. lho... juga masalah dengan dokter gigi.. ach.. tak masuk akal bagiku.. mungkin .. sekali lagi mungkin kalau dari awalnya kita berfikir ini adalah cerita fiksi .. hal2 kecil ini tak kupikirkan.. tapi....toch seperti yang disebutkan novel ini bermula dari pengalaman pribadi penulisnya.. jadi menurutku... ada banyak sekali hal2 yang terlalu dibuat-buat.. sorry... ini menurut diriku.. menurut orang lain terserah.. toch kita menghargai semua perbedaan....

Oh ya apa hubungan copas dengan Maryamah karpov... sebenarnya nggak ada.. cuma akhir2 ini setiap blog walking.. ada beberapa blog yang memasang.. banner "BLOG ITU JUGA KARYA CIPTA " janga copas sembarangan.. atau juga curhatan dari temen2 milis yang berkeluh kesah.. kalau foto2 hasil karyanya di ambil dan dijadikan brosur atau buklet... ngadu kesana-sini.. marah2 di blog....

HHH aku hanya bisa menarik nafas panjang... sekali lagi ini menurutku... kenapa?... bukankan, kita sendiri yang suka berinternet ria .. tahu kalau.. sekali kita upload sesuatu di blog .. kita.. so otomatis nggak ada area private...semau orang dari penjuru dunia bisa akses kita.. kalau mau ekslusifkan saja blognya.. hanya orang2 yang diundang yang boleh masuk.. ndak usah teriak2.. kayak orang kemalingan aja...
Lagipula sudah sehebat apa sich hasil karya kita itu...sampe begitu ributnya.. maaf yach..kalau emang sudah begitu hebatnya patenkan saja.. sehingga kalau ada orang yang pake .. bisa dituntut... kalau cuma foto kue bikinan kita.. yang resepnya aja kita minta dari orang lain, designya aja kita contek dari wilton... kok yach teriak2nya.. gitu2 amat.. pls dech... gue sich bukan nggak menghargai hasil karya orang lain...tapi kalau gue.. hasil karya gue (misalnya lho.. nggak ada juga kale,....)disukai orang lain.. lau mencontek mengopas.. menduplikat atau apalah namanya.. weisss.. tak kasih... amal jariah akan kudapatkan dari yang diatas.,selama digunakan untuk kebaikan.. pahala buatku bertambah... bukanlah islam , mengajarkan kita untuk dermawan.....software aja masih beli bajakan, CD aja masih beli di Glodok... kok yach teriaknya dah lebar gitu.. so.. mari kita beramal... amal itu bisa dalam bentuk apapun.. ilmu, materi...ataupun kebaikan.....Amin...




2 komentar:

mounawibisono mengatakan...

hwaaa....ternyata bisa ngelink blog bahkan sampe posting komen di blog jg ya dari fb..makin cinta fb deh....hihihi...

maapkeun yuk lum sempat BW lagi nih...lagi males bgt utk nulis :p tapi fb mah tetep jalan :D hidup fb...

aku jg dah baca n juga ngerasa kecewa ttg maryamah karpov yg ga sesuai dg harapan...ending yg antiklimaks kalo menurutku...

oiaa..lagi seneng maen myfarm jg nih gara2 ayuk femmi sering kirim tree...makasih yo yuk... :D ternyata menyenangkan jugo...

jadi kek curhat gini komen nya..hihihi...ketemu di fb yuk.. :D

etikush mengatakan...

klo saya sih lebih ke "tidak mau jika karya saya di nonamekan selama saya masih hidup"

dan emank berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak MENDAPATKAN PERLINDUNGAN HUKUM SEKETIKA setelah suatu ciptaan dilahirkan.

Lebih lanjut tentang hak cipta http://hukumham.info/index.php?option=com_content&view=article&id=61:hak-cipta&catid=15:data-olahan&Itemid=50


soal CD bajakan, setau saya pembeli masih tau kan pembuat CD aslinya siapa...

saya pun tidak mengharap lebih, yang saya harap hanya nama saya tertera di karya saya...