Kata-Kata Bijak

Kita tidak tahu apakah Allah akan memberi rezeki yang banyak atau sedikit kepada kita

Kita juga tidak tahu kapan kita akan sukses

Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk mendapatkannya

Selasa, 15 Juli 2008

Pembantu Jaman Sekarang

Mau marah rasanya.... nggak ada habis2nya urusan pembantu dirumah...

Sebagai ibu bekerja, mau nggak mau daku punya asisten yang bantu2 urusan RT dan anak... dari dulu waktu anak cuma satu (Abel doang) AST (assisten rumah tangga/ pembantu rumah tangga) ada dua, satu ngurus anak satu beres2.. Alhamdulilah waktu Abel bayi 4 bulan sampe unur 4 tahun AST ku yang satu itu betah dan pulang karena mau nikah...sedangkan AST beres2 setiap tahun pasti ganti... well ok ngak apa2, masih wajar setahun sekali gitu...
Tapi kesini-sininya kok AST semakin ngak bener nich... belum setahun sudah pulang, alasanya mau cuti, kita kasih cuti nggak balik2 lagi... grhhhh kesel banget,sudah dikasih izin cuti eh malah gitu kelakuannya... nga mikir apa, kalau emang mau pulang.. bilang dari awal, biar kita siap2 cari ganti, nggak nungguin mereka.. ngabisin waktu aja kayaknya...
Nah kejadian yang terakhir ini baru minggu ini.. sabtu minggu mau cuti , ok aku kasih deh, kita anterin ke cikarang, katanya mau ketempat temennya... baju nggak ada yang dibawa (pinter dia biar kita nggak curiga), karena sekalian kita mau pergi kondangan ke jakarta.., udah semua berjalan biasa , karena dirumah masih ada baby sitternya farrel buat bantu2 dirumah... lagian nggak kerja juga.. Nah mingu sore telp nih AST, bilang gini: "bu maaf saya nggak bisa balik lagi, soalnya kemaren saya ditelpon kakak saya, disuruh jagain ibu yang sakit keras"... bla .. bla.. bla...
Bete banget ... sambil bilang, lho kemaren2 nggak ada khabar apa2, ngak telp ke rumah kalau ibunya sakit dst dst dech....
So, setelah itu anaknnya tetap keukeh nggak balik lagi... ya sudah , telpon yayayasan buat cari pengganti... tahu apa jawabannya mereka maaf bu sekarang cari pembantu susah, saya balikin aja uang adm 15o rb... WHATs!!! enak bener mereka, untuk 2 bulan kerja, daku harus bayar 600 rb ADM dan gaji 425/bulan, dan ketika mereka pulang , gue cuma diganti dapat 150 rb doang, jadi kalo dihitung-itung gaji tuch AST 650 rb/bulan... yang kerjanya cuma nyapu, ngepel, cuci (pake mesin), seterika..!!!.. eunak bener.. lagian kalau susah cari pembantu ngapain mau jadi yayasan penyalur pembantu...edan....
Weis sudahlah kalau marah terus nggak aad habis2nya... coba tanya ke kampung, (belakang komplek), kalau ada orang yang mau kerja buat cuci, seterika, nyapu, ngepel , tapi biasanaya mereka pulang, alhamdulilah ada, dan minta gaji 250rb/bln...
paling nggak sampai lebaran si Mb yang baru bisa bertahan lha... pucing2 mikirinnya

kalau untuk babysitter nggak terlalu bermasalah, karena kita kontrak 1 tahun, kemaren sempat pulang tapi yayasannya cepat ganti yang baru.

Hampir di miling list yang daku ikuti, banyak sekali bermasalah dengan pembantu, babysitter, yang penipulah, suka mukul anaklah, malaslah, dst dst...
kenapa yach nggak dibikin aja suatu perkumpulan para pemakai pembantu rumah tangga dan babysitter yang tujuannya adalah untuk melindungi konsumen dari kelakuan nggak bener AST dan yayasannya, seperti YLHKI , asyik tuch, jadi pembantu dan babysitter dan yayasannya nggak seenaknya.
Soalnya ini sudah krusial banget, secara banyak sekali RT yang menggunakan jasa mereka, da banyak yang bermasalah, dengan adanya lembaga atau apalah yang mempunyai aturan yang jelas, sehingga hak dan kewajiban pemakai jasa dan pemberi jasapun terlindungi.









4 komentar:

Novy Chrystiana mengatakan...

iya,kita para ibu yg bekerja pasti punya maslah PRT yg ga genah!aku sdh kenyang bu! PRT ku 2 org. yg satu udah 3 tahun dan 1 babysitter. mereka betah krn aku suka manjangin usus alias superduper sabar!!!

sabar ya bu...mdh2an dapat yg cocok (meski susah deh dijaman skrng!)

Femmy Iswari mengatakan...

Iya nich, mesti panjangin usus he3x... kayaknya ngalah..lah lha.. banget dech sama AST

else mengatakan...

klo aku nglamar jd pembantu gimana? aku baik hati dan tidak sombong kok.dan anti korupsi

indah mengatakan...

Halo mbak, salam kenal... wah nyebelin banget tuh yayasan, nama yayasannya apa ya? aku lagi cari AST ataw baby sitter nih, bayiku baru 2 bulan, tapi untung masih cuti sampe dia 5 bulan.