Kata-Kata Bijak

Kita tidak tahu apakah Allah akan memberi rezeki yang banyak atau sedikit kepada kita

Kita juga tidak tahu kapan kita akan sukses

Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk mendapatkannya

Minggu, 24 Agustus 2008

Mengurangi Resiko Kanker

Sedikit tersentak mendengar berita meninggalnya salah satu artis kita dalam usia muda karena kangker otak yang dideritanya....
memang penyakit ini begitu ganasnya sehingga begitu terdeteksi dalam hitungan bulan kita sudah kehilangan orang2 yang kita kasihi...
Dari orang2 terdekat saja , sepupu suamiku umur 40th meninggal karena kangker ovarium yang awalnya hanya didiagnosis sebagai kista, dari awalan ditemukannya penyakit hingga meninggal hanya 3 bulan saja...
Untuk itu memang kita mulai dari sekarang harus mengikuti pola hidup yang sehat, hindari stress, juga waspada dengan segala bentuk makanan berpengawet, siap saji, kemasan plastik, olahraga teratur dll...

Ada artikel menarik yang saya kutip, mungkin bisa berguna buat kita semua

Mengurangi resiko kanker sebetulnya tidak sulit. Yang penting Anda mau melakukan perubahan kecil dahulu seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Perubahan-perubahan kecil yang Anda lakukan setiap hari dapat membantu mengurangi resiko kanker.

Di bawah ini ada 7 langkah mengurangi risiko kanker :

1. Jangan gunakan tembakau

Ingatlah, semua jenis tembakau membuat Anda berisiko kanker. Maka hentikan dan putuskan hubungan tubuh Anda dengan tembakau. Mencegah tembakau atau memutuskan untuk berhenti menggunakannya merupakan keputusan yang sangat penting. Karena merupakan bagian dari mencegah kanker. Dengan memutuskan berhenti menggunakan tembakau (merokok) maka secara signifikan Anda mengurangi risiko beberapa penyakit kanker sekaligus, seperti:

Paru-paru
Esofagus
Laring
Mulut
Kandung kemih
Ginjal
Pankreas
Leher rahim
Lambung
Leukimia myeloid akut
Perlu Anda ketahui, rokok putih bertanggung jawab sekitar 90 % dari semua kasus kanker paru-paru yang menjadi penyebab utama kematian baik pada pria dan wanita. Setiap kali anda merokok, anda menghirup sedikitnya 60 zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Tar dalam rokok juga membentuk lapisan lengket berwarna coklat pada batas antara paru-paru dan lintasan udara. Lapisan ini kemudian menjerat karsinogen yang Anda hirup.

2. Konsumsi makanan sehat

American Cancer Society merekomendasikan agar Anda:

- Makan makanan yang berasal dari tanaman. Santaplah sedikitnya lima jenis buah atau sayur setiap hari. Makanlah juga biji-bijian, seperti jagung dan kedelai. - -

- Batasi lemak. Makanlah lemak dengan jumlah yang tak terlalu banyak. Makanan berlemak tinggi dapat meningkatkan risiko akan kanker lambung dan usus.

- Hindari dan kurangi minum alkohol. Alkohol dapat meningkatkan berbagai resiko penyakit kanker.

3. Berolahraga dan pertahankan berat badan ideal

Pertahankan berat badan yang ideal dan sehat dengan berolahraga secara rutin sangat berperan dalam mencegah kanker. Kelebihan berat badan atau Obesitas merupakan faktor risiko yang cukup tinggi penyebab kanker prostat, usus, rektum, rahim, ovarium, dan payudara. Lakukanlah olahraga ringan seperti jogging atau berjalan kaki di pagi hari minimal 60 menit dalam satu minggu. Atau Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk membuat tubuh Anda terus aktif, seperti aerobik, berdansa atau melakukan kegiatan rumah tangga yang sedikit mengeluarkan keringat. Jangan ragu dan malu misalnya jika memotong rumput halaman rumah Anda atau melakukan bersih-bersih. Tujuannya bukan membuat Anda capai, tetapi agar tubuh Anda tetap aktif.

4. Lindungi diri anda dari matahari

Sinar matahari sejauh ini dipercaya menjadi penyebab umum kanker kulit. Terpapar sinar matahari langsung terutama saat siang hari. Oleha karena itu sebaiknya Anda menyimak tips berikut :

- Hindari waktu puncak radiasi radiasi sinar Ultra Violet Matahari memuncak antara pukul 10 pagi sampai 4 sore. Minimalkan berada di luar selama waktu tersebut.
Jika Anda pergi dan berkativitas di luar, sebaiknya jangan terus menerus terpapar sinar matahari, berteduhlah sesekali. Dengan berteduh, akan minimalkan pemaparan sinar matahari langsung.
Lindungi bagian tubuh yang terbuka. Gunakan pakaian yang berwarna terang dan longgar untuk melindungi Anda dari sinar matahari. Jangan lupa gunakan juga topi untuk melindungi wajah dan kepala Anda.
Gunakan krim tabir surya. Pastikan produk tabir surya anda memiliki nilai sun protection factor (SPF) minimal 15.
5. Hindari kebiasaan berisiko

Kurangi risiko terhadap kanker tertentu dengan menghindari kebiasaan berisiko yang dapat berakibat infeksi dan mungkin meningkatkan resiko kanker. Virus yang ditularkan secara seksual atau dengan bertukar jarum suntik terkontaminasi seperti HPV, yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks atau kanker penis. HIV, orang dengan HIV atau AIDS memiliki risiko kanker dubur, kanker serviks, kanker hati, lymphoma dan sarcoma Kaposi. Atau Hepatitis B dan C, infeksi hepatitis B kronis atau hepatitis C dapat meningkatkan risiko terhadap kanker hati.

Hindari seks bebas atau berganti-ganti pasangan, karena infeksi virus Hepatitis, HPV, HIV, penyebab umumnya adalah prilaku seks yang tidak aman. Gunakan kondom dan janganlah berbagi jarum suntik.

6. Kontrol atau chek up

Kontrol atau pemeriksaan secara rutin terhadap penyakit kanker tertentu adalah tindakan bijak dan tepat. Lakukan pemeriksaan rutin kesehatan tiga atau enam bulan sekali. Pemeriksaan kesehatan rutin bukan saja berguna untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker tetapi juga penyakit lainnya. Jangan lupa, jika Anda pria, pemeriksaan termasuk prostat dan testis. Jika Anda wanita, tambahkan leher rahim dan payudara dalam pemeriksaan Anda. Dengan melakukan pemeriksaan, kesehatan tubuh dapat terdeteksi secara dini yang nantinya akan memudahkan pengobatan. Lebih dari separuh penderita kanker di Indonesia baru menyadari mengidap penyakit kanker tertentu ketika sudah dalam stadium lanjut.

(Berbagai sumber/foto by :www.whitehousemuseum.org





1 komentar:

dwiwoelan mengatakan...

Infonya bagus banget tuh buat di share..:)